Ulasan Chained Echoes – Gaya lama, ide baru

Chained Echoes menipu pada pandangan pertama, membuat Anda bertanya-tanya apakah Anda melewatkannya kembali ketika orang-orang sezamannya, seperti Final Fantasy VI dan Chrono Trigger, membuat percikan besar. Tentu saja, kenyataannya adalah RPG yang mewah dan imajinatif ini benar-benar baru, sebagian besar dibuat oleh pengembang tunggal sebagai penghormatan dan perayaan dari game-game lama tersebut, bahkan sambil menyuntikkan konsep-konsep baru dalam dosis yang sehat. Petualangan yang dihasilkan mungkin terlihat seperti sesuatu dari 30 tahun yang lalu, tetapi dimainkan dengan kecanggihan yang patut mendapat perhatian dari penggemar genre mana pun.

Pengembang senang bermain dengan ide-ide Anda yang sudah terbentuk sebelumnya. Terkadang, ini memenuhi ekspektasi tersebut tepat pada kecepatan dan momen yang paling Anda siapkan untuknya, baik dalam cerita maupun gameplay, dan di lain waktu tentang menumbangkannya. Siap untuk sentuhan baru dalam pertempuran? Inilah sistem tambahan baru di mana Anda mengontrol mech dalam gaya bertarung alternatif yang menarik, mengingat klasik seperti Xenogears. Pikirkan Anda memahami busur alur cerita pahlawan yang ditakdirkan? Mungkin segalanya lebih rumit dari yang Anda duga.

Sepanjang jalan, pokok petualangan gaya JRPG klasik muncul dalam lingkaran yang seimbang dan bermanfaat. Sistem pertarungan yang dirancang dengan cermat mengurangi pertempuran yang kasar dan berulang. Alih-alih, setiap pertarungan menuntut perhatian penuh Anda, memanfaatkan kelemahan musuh, kemampuan karakter, perubahan formasi party dengan cepat, dan mekanik overdrive yang unik untuk menjaga party Anda di sweet spot dalam menangani kerusakan. Pesta sepenuhnya pulih di antara pertempuran, jadi ini selalu tentang membuang semua yang Anda miliki ke musuh. Bahkan pertarungan reguler terkadang berakhir dengan hanya memiliki satu pahlawan yang berdiri untuk melakukan pukulan terakhir. Saya menemukan tantangan tinggi menyenangkan, terutama karena keputusan yang buruk dan permainan berakhir menyebabkan pilihan langsung untuk memutar ulang pertempuran, sehingga hukuman kegagalan dapat diabaikan.

Sistem peningkatan, perlengkapan, dan leveling semuanya menarik dan diisi dengan keputusan yang menarik. Mengenakan lambang kelas dapat memperkaya keterampilan yang Anda pilih untuk setiap karakter, memungkinkan Anda mengkhususkan setiap pahlawan dengan cara yang ampuh. Senjata dan baju besi dapat ditingkatkan dan diubah dengan permata yang menerapkan bonus baru, mendorong pemain untuk menghabiskan waktu di menu memainkan permainan pengoptimalan. Bahkan ada “Papan Hadiah” yang menyenangkan yang menawarkan bahan berharga dan opsi leveling untuk menyelesaikan tugas tertentu di seluruh dunia, mendorong eksplorasi dan penemuan yang luas.

Sambil bermain dalam batasan genre yang mapan, Chained Echoes juga menceritakan kisah yang matang dan bernuansa, menyentuh tema takdir dan kehendak bebas, pemulihan dari trauma, dan beban rasa bersalah. Itu dan kiasan lainnya memiliki banyak ruang untuk eksplorasi di puluhan jam cerita dan sidequest yang tersedia. Untungnya, ini adalah dunia fantasi yang menyenangkan, penuh dengan spesies dan monster yang tidak biasa, bioma yang menarik, dan struktur geopolitik yang rumit. Kadang-kadang, komponen terakhir dari elemen politik itu bisa menjadi luar biasa dan sulit untuk diikuti dan mengalihkan perhatian dari drama karakter yang lebih menarik. Tapi beri waktu yang cukup untuk Chained Echoes, dan semuanya mulai masuk akal.

Skor musik throwback yang indah disertai dengan visual bergaya piksel yang menyampaikan nostalgia tanpa menjadi game yang pernah Anda mainkan sebelumnya. Meski begitu, cakupan narasi dan kematangan interaksi karakter terkadang terasa bertentangan dengan estetika retro. Keganjilan itu bisa menjadi nilai tambah, menekankan saat-saat teror, kejahatan perang, atau pengkhianatan. Tetapi pada saat-saat dramatis tertentu, kendala visual menahan narasi.

Sementara Chained Echoes memiliki keunggulan jarak puluhan tahun dari game yang dicarinya untuk mendapatkan inspirasi, ini adalah pengalaman yang lebih baik dalam banyak hal daripada game kebanggaan tempat ia muncul. Saya lebih suka pertarungan, penceritaan, dan pendekatan untuk perkembangan dan eksplorasi ini daripada banyak JRPG yang saya sukai saat bermain. Itulah pujian tertinggi yang dapat saya berikan pada sebuah game yang begitu dihapus pada waktunya dari game yang dapat dibandingkan. Apakah Anda saat ini menganggap diri Anda sebagai penikmat JRPG atau dengan senang hati mengingat masa kejayaan genre tahun 90-an, Chained Echoes sangat berharga untuk waktu Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *